Sabtu, 31 Agustus 2013

Desain Power Supply Switching dengan PowerEsim

Pada posting ini saya akan mengajarkan cara membuat desain rangkain power supply switching dengan menggunakan PowerEsim. PowerEsim adalah sebuah halaman website atau situs yang berguna seperti sebuah software untuk membantu proses desain rangkaian power supply switching. PowerEsim mampu memberikan informasi mengenai efisiensi rangkaian power supply yang kita buat. Berikut adalah cara menggunakan PowerEsim.

Langkah 1 adalah kunjungi website PowerEsim dengan menggunakan Browser favorit anda ( Browser yang telah saya coba adalah menggunakan google Chrome).

Langkah 2 masukan Input Tegangan AC atau DC, Besar Tegangan max dan Besar Tegangan Min, Voutput yang diinginkan, I input yang diinginkan, Banyak output dan untuk pengaplikasian pada perangkat apa. Lihat pada gambar di bawah ini agar lebih jelas. Klik pada icon recommend design setelah memasukan semua karakteristik power supply yang ingin di rancang.

Langkah 3 adalah memilih jenis topologi yang akan digunakan dalam rangkaian power supply yang kita rancang. PowerEsim akan memberikan beberapa recommanded topologi yang sesuai dengan karakteristik power supply kita. Klik pada text Click Here untuk melanjutkan ketahap berikutnya.


Langkah 4 Setelah melalui langkah 3 rangkaian kita telah selesai. Jika rangkaian tersebut belum sesuai dengan harapan kita misalnya terlalu susah di buat, maka kita dapat melakukan modifikasi rangkain tersebut dengan cara klik pada judul setiap bagian rangkaian yang ingin di edit (Lihat gambar agar lebih jelas). Puas dengan rangkaian power supply maka tinggal di buat pada software pembuat jalur pcb seperti altium. Selain itu kita juga dapat klik icon save untuk menyimpan rangkaian tersebut.

Akhirnya selesai juga rangkaian power supply kita dan terima kasih pada teman - teman yang membaca semoga berguna y ^^. Mohon komentarnya juga ^^ .


1 komentar: