Jumat, 11 November 2011

Dasar Programing Part 3

Pada post saya sebelumnya sudah dibahas soal tipe data :D
nah itu jangan dilupakan y :D
ini adalah pembahasan terakhir mengenai dasar programing yang akan saya bahas :3
tapi jangan takut bukan berarti semua ini berakhir, melainkan pada bahasan berikutnya saya akan membahas suatu bahasa pemrograman beserta prakteknya bosenkan teori truz :p
setidaknya menurut saya base yang diperlukan untuk belajar suatu bahasa programing sudah cukup :3 sisanya tinggal algoritma dan cara penulisan suatu code program saja...
mari kita mulai bahas topik terakhir kita di dasar programing ini ^^.

seperti yang telah saya janjikan hari ini kita membahas soal variabel dan ascii code yang nantinya akan diperlukan pada pemrograman kedepannya.

1. Variabel dan Konstanta
variabel dan konstanta sebetulnya sama pada dasarnya hanya saja perbedaannya pada data yang ditampung. Variabel menampung data atau nilai yang berubah - ubah sesuai dengan kondisi yang ditetapkan sedangkan Konstanta menampung data atau nilai yang tetap.
saya akan mencontohkannya dalam matematis
misalnya : ada persamaan seperti dibawah ini
luas segitiga = 1/2 * A * T
dari hal tersebut mana yang merupakan variabel dan mana yang konstanta ?
jawabannya
1/2 = konstanta karena nilai nya tetap dan tidak berubah
A dan T = variabel karena nilainya berubah - ubah sesuai dengan input yang hendak

kita masukan kedalamnya.
nah saya akan contohkan variabel dan konstanta dalam suatu bahasa pemrograman
variabel : int I;
konstanta : int I = 10;

2. Ascii code
seperti yang telah saya bahas pada post dasar programing part 2 bahwa komputer tidak mengenal huruf ataupun simbol - simbol dan hanya mengenal biner dimana didalam biner hanya ada 1 dan 0. 1 dan 0 mewakili on dan off pada sirkuit komputer. semua nilai yang ada pada komputer baik data, maupun instruksi semua ditulis dalam biner. Maka diperlukan Ascii code yang berfungsi untuk menjebatani user dengan komputer.
Ascii code biasa ditulis dalam desimal atau hexadesimal, namun pada saat dijalankan compiler akan melakukan konversi menjadi biner yang dimengerti oleh mesin .
berikut adalah table ascii code:









cukup sampai sini dulu ^^
berikutnya saya akan mulai membahas mengenai masing - masing bahasa pemrograman :D
Thx y ^^

Referensi:
http://piyetoiki.wordpress.com/2010/09/27/pengertian-variabel-dan-konstanta-dalam-pemrograman-web/
http://www.asciitable.com/

dan seperti biasa
mengingatkan untuk jangan lupa kunjungi FunElektronik.com ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar