Sabtu, 05 November 2011

Dasar Programing part 1

Halo semua pengunjung creative setelah sekian lama absen di dunia tulis menulis blog akhirnya saya muncul kembali secara gak jelas wkwkwkwkwk. oke langsung mulai saja :3.
topik yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah dasar - dasar dari programing yang perlu diketahui oleh para newbie dalam dunia programing (sebetulnya saya juga newbie baru tau aja jadi di tulis dah :p ). yak mari kita masuk ke topik kita^^.


Programing bisa diibaratkan kita menulis suatu puisi, karena pada programing kita juga berurusan dengan kata-kata atau singkatan - singkatan yang biasa berasal dari bahasa ingris.
ada beberapa point yang perlu diketahui oleh seorang programer sebelum mulai belajar yang akan saya bahas nanti.

1. Level bahasa programing
hmp... jujur saya kurang tau istilah yang cocok untuk point ini makanya saya pakai level wkwkwkw.

Pada dunia programing dikenal dengan beberapa pembagian level bahasa pemrograman diantaranya :

1.1 high level languange
high level languange : biasa mirip dengan bahasa manusia atau berupa singkatan bahasa ingris yang mudah dipahami (cocok untuk para pemula yang ingin belajar programing) misalnya: HTML, Pascal, delphi, Visual Basic dan lain - lain.

Kelebihannya :
  • mudah dipahami karena biasa berupa singkatan - singkatan bahasa ingris.


  • Kekurangan :
    Lambat
  • Tidak dapat mengakses hardware secara langsung.


  • 1.2 Middle Level Languange

    Middle level languange : dari kata middle kita sudah dapat mengartikan bahwa artinya bahasa tingkat menengah :D. Tapi apa maksudnya ? maksudnya adalah bahasa yang memiliki tingkat berada pada pertengahan high dan low level languange dimana bahasa pemrograman masih berupa sintax yang mudah dipahami dan ada sebagian intruksi yang dapat langsung di akses oleh mesin. Misalnya Bahasa C.

    Kelebihannya:
  • sebagian intruksi dapat langsung diakses oleh mesin sehingga lebih cepat dari high level languange.

  • dapat langsung mengakses hardware.


  • Kekurangan :
  • Masih cukup lambat untuk beberapa kasus misalnya Melakukan pengolahan citra atau image prosesing tidak dapat dilakukan secara real time.


  • 1.3 Low Level Languange
    Low Level Languange : bahasa program tingkah bawah. bahasa yang digunakan mirip dengan bahasa mesin dan control yang diberikan untuk programer amat bebas. (wah programer jadi powerfull terhadap mesinnya dunk :3) jangan salah kebebasan yang diberikan berarti tanggung jawab yang diberikan juga besar karena error pada program tidak akan diperingatkan jalan ya jalan saja wkwkwkw , tau kan akibatnya klu salah :p . Misalnya Assembly.

    Kelebihannya :
  • Dapat mengakses hardware secara langsung.

  • Cepat


  • Kekurangan :
  • Rumit dalam pemgrogramannya (sintaxnya kadang susah dipahami alurnya)


  • 1.4 Bahasa Mesin
    untuk bahasa mesin saya masih bingung harus dikategorikan sendiri atau masuk ke low level languange =='. tapi menurut saya lebih bagus klu masuk kategori sendiri karena berbeda dengan low level languange dalam programingnya. karena kita berhadapan dengan biner dan heksa yang amat sangat menyusahkan wkwkwkw.

    setelah saya membahas masing - masing level dalam bahasa pemrograman setidaknya telah ada gambaran mulai darimana anda akan belajar kan :D.

    nah pada kekurangan di high level languange dan middle level languange terdapat kata Lambat. Kenapa lambat padahal kalau kita jalankan terasa cepat kok... dan kenapa low level lebih cepat ? yang pertama kita lihat apa yang harus di control ? klu motor listrik atau alat mekanik lain itu cukup high level languange. soalnya motor kecepatan yang paling cepet berapa si ? 4600 rpm ? atau dalam satuan kilometer yang sudah umum 300 km ? itu masih lambat kalau kita bandingkan dengan kecepatan elektron yang menyamai kecepatan cahaya betul gak ?
    nah makanya kita merasa high level languange sudah cukup.

    Lain kasus jika kita ingin melakukan pengolahan sinyal listrik misalnya gelombang suara input secara real time atau melakukan image prosesing yang real time... apa sanggup ? pertanyaannya tidak sanggup karena high level languange atau middle level languange pada kenyataanya harus dikonversi ke low level languange yang biasanya assembly oleh compiler nya masing2 sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan low level languange :D. so dah tau kan fungsi masing-masing level pada bahasa programing ^^.

    Pada pembahasan kali ini saya kira cukup wkwkwk
    lanjut pada part 2 y doain saya gak males nulis :3
    2. Istilah
    nah istilah - istilah diatas akan saya tampilkan dibawah ini
    untuk para newbie :3
  • Sintax : adalah perintah yang biasa dipakai dalam program misalnya ( cin, cout, dan lain - lain.)

  • Compiler : adalah sebuah program yang berguna untuk melakukan penerjemahan dari suatu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman yang lain.


  • 3. Referensi
  • http://taufiknur12.blogspot.com/2011/01/kompiler-compiler.html

  • http://bersitrahmayang.wordpress.com/2011/01/06/kelasifikasi-bahasa-pemrograman/


  • Terakhir saya ucapkan terima kasih bagi para pembaca yang telah membaca tulisan saya ini, meskipun penuh dengan kesalahan >.< . jika ada kesalahan mohon maaf dan terbuka untuk kritik dan saran pada comment :D.

    Terakhir saya numpang promosi juga
    Kunjungin website toko online saya di www.funelektronik.com :p
    wkwkwkwk sekalian kali - kali ada yang berminat wkwkwk

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar