Jumat, 29 Januari 2016

Menghitung Pemakaian Daya Komputer Desktop

Seiring dengan kemajuan teknologi komputasi penggunaan komputer desktop mulai berkurang. Pergeseran trend menuju penggunaan alat komputasi mobile menjadi penyebab utamanya namun bukan berarti komputer desktop dapat digantikan begitu saja oleh alat komputasi mobile, salah satu kelebihan dari komputer desktop adalah kemampuan komputasinya yang powerfull dan dapat di upgrade. Berdasarkan pertimbangan tersebut sebagian user memiliki komputer desktop sebagai peralatan komputasi utama mereka dan alat komputasi mobile sebagai secondary. Kelebihan lainnya adalah kepuasan dari user yang merakit komputer desktopnya sendiri yang sesuai dengan kebutuhan user.

Merakit sebuah komputer desktop sendiri membutuhkan sedikit pengetahuan khusus mengenai komponen komputer yang dibutuhkan. Semua informasi tersebut dapat diketahui dari bertanya kepada yang sudah ahli atau mencari tau secara otodidak dari berbagai sumber. Salah satu hal yang perlu diketahui sebelum merancang komputer idaman adalah pemakaian daya komputer desktop yang akan di rancang. 

Daya yang di pakai oleh sebuah komputer desktop menjadi sangat krusial pada saat memilih sebuah PSU (Power Supply Unit) yang berfungsi untuk memberikan daya ke semua komponen elektronik di dalam sebuah komputer desktop. Kesalahan dalam memilih sebuah PSU dapat mengakibatkan komputer tidak dapat beroperasi dengan baik atau bahkan tidak menyala jika PSU yang di pilih terlalu kecil sehingga tidak cukup memberikan supply daya ke semua komponen dan jika memilih PSU yang terlalu besar dapat menyebabkan pemborosan dana untuk memberi PSU. Bagi yang memiliki budget lebih tentu memilih PSU yang terlalu besar tidak menjadi masalah, namun bagi yang memiliki budget pas tentu memilih PSU yang sesuai harus diperhitungkan terlebih dahulu. Pemakaian daya dalam sebuah komputer desktop dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan simulasi perhitungan pada link di bawah ini.

http://outervision.com/power-supply-calculator

Sebelum memulai perhitungan daya, user perlu menentukan komponen desktop yang ingin digunakan pada komputer desktop yang akan di rancang. Bagi user yang membutuhkan sebuah komputer dengan performance yang standart gunakan pilihan basic karena lebih memudahkan. Bagian Expert digunakan bagi user yang ingin merancang sebuah komputer yang digunakan khusus untuk suatu tujuan misalnnya gaming kelas berat yang tentunya membutuhkan sistem yang lebih rumit seperti sistem pendingin dan lain - lainnya. sekian pembahasan pada postingan ini semoga dapat membantu pembaca dan memberikan informasi yang berguna.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar