Senin, 12 Oktober 2015

Review : Nescafe Dolce Gusto Genio Mini

Saya akan mereview mengenai nescafe dolce gusto genio mini dalam postingan ini. Semua review yang saya tulis dalam postingan ini berasal dari pengalaman selama 2 minggu menggunakan nescafe dolce gusto genio mini. Semoga review ini dapat memberikan gambaran bagi pembaca yang berminat untuk membeli nescafe dolce gusto genio mini atau varian lainnya.

Secara garis besar Nescafe Dolce Gusto Genio Mini merupakan sebuah mesin kopi dan teh yang memiliki fungsi untuk menyajikan secangkir kopi atau teh. Nescafe Dolce Gusto Genio dapat menyajikan minuman panas dan minuman dengan suhu sesuai dengan suhu air dalam penampungannya (normal), meskipun dalam brosurnya tertulis dapat hot & cool namun cool yang dimaksudkan adalah normal. 
Nescafe Dolce Gusto Genio Mini dapat membuat berbagai jenis minuman sesuai dengan kapsul yang dimasukan (kapsul sekali penggunaan). Terdapat 12 jenis varian rasa yang dapat dinikmati oleh konsumen. Setiap 1 box rasa terdapat 16 buah kapsul didalamnya dan jika jenis minuman yang terdapat lattenya maka sekali penyeduhannya menggunakan 2 buah kapsul (kapsul Latte dan Kapsul rasa). Harga 1 box rasa dipasaran dibandrol seharga Rp 110.000, sehingga perhitungan pergelasnnya seperti di bawah ini:

1. Minuman Tanpa Latte ( Espreso, Peach) = 110.000 : 16 = Rp 6.875 / Cangkir

2. Minuman dengan Latte (Mocha, Cappucino, Matcha, Milo, Machiatto) 
                                                                     
    = 110.000 : 8 = Rp 13.750 / Cangkir

Secara harga percangkirnya memang lumayan namun untuk kualitas rasa yang dihasilkan cukup memuaskan atau jika dibandingkan dengan rasa minuman yang terdapat di cafe rasanya kurang lebih sama. Latte yang dihasilkan gurih dan foamnya terasa lembut dan cukup tebal. secara keseluruhan saya puas dengan performance dolce gusto genio mini meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti harga percangkir yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan kopi instan atau teh instan lainnya namun untuk rasa sangat berbeda jauh tentunya. 

Harga mesin ini sendiri pada saat saya membelinya adalah Rp. 1.550.000 dengan paket pembelian berupa: 5 box rasa, 1 mesin, dan 6 tester kapsul. Sekian dan pembahasan kali ini. Pada sesi terakhir akan saya berikan FAQ yang mungkin menjadi pertanyaan pembaca yang berminat membelinya.

1. Bedanya Nescafe Dolce Gusto Genio Mini dengan pemanas air (Dispenser)?
Meskipun secara fungsi mungkin ada kesamaan yaitu memanaskan air namun terdapat beberapa perbedaan misalnya terdapatnya tekanan pada proses pembuatan kopi, seperti yang telah dijelaskan dalam brosur jika nescafe dolce gusto dapat memompa air hingga tekanan 15 atm. Panas air dan tekanan yang tepat pada saat penyeduhan kopi atau teh akan sangat mempengaruhi citarasa dari secangkir minuman kopi atau teh. Saya perna isenk melakukan experimen menyeduh kapsul Nescafe Dolce Gusto dengan air panas yang baru mendidih dan yang saya dapatkan adalah rasa yang cukup berbeda pada saat di seduh dengan mesin. 

2. Berapa lama proses pemanasan air Nescafe Dolce Gusto Genio Mini ?  
Pada starting pertama kurang lebih 1 menit kadang lebih sedikit, namun untuk penyeduhan berikutnya lebih singkat sekitar 15 - 30 detik. 

3. Berapa banyak hasil 1 cangkir minuman yang dihasilkan ?
sesuai dengan kapsulnya, ada yang 180 ml, ada yang 220 ml dan bervariasi.

untuk spesifikasi mesin dapat di lihat pada link di bawah ini:

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar